Implementasi media Blog dalam meningkatkan kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Nasruddin Dampit - Malang

Dalam proses pembelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran perlu disusun suatu metode dan juga media agar tujuan itu tercapai dengan optimal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan media blog dalam meningkatkan kreativitas guru Pendidikan Agama Islam. Dengan menggunakan media blog diharapkan dapat meningkatkan kreativitas guru agar guru dapat membuat suatu hal-hal yang baru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Media blog adalah sebuah sarana tulis-menulis tempat semua orang bebas mengekpresikan apa yang ingin disampaikan dan tulisan dapat dilihat oleh semua pengguna internet. Media Blog adalah salah satu media baru yang saat ini sudah mewabah dimana-mana bahkan diseluruh dunia. Bahkan dalam dunia pendidikan media blog juga sudah digunakan dalam proses pembelajaran dan juga bisa meningkatkan kreativitas kita sebagai guru. Oleh karena itu saya tertarik untuk meneliti tentang penggunaan media blog oleh guru-guru di MI Nasruddin Dampit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan media blog dan juga dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Metode penelitian yang digunakan adalah hasil observasi dan juga wawancara dengan guru di MI Nasruddin Dampit. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan di MI Nasruddin Dampit menyatakan bahwa media blog juga sudah digunakan oleh guru, karena disekolah juga sudah menyediakan berbagai macam fasilitas termasuk Internet dan juga Blog, jadi guru bisa menggunakan dan memanfaatkan media tersebut. Hasil analisis yang diperoleh setelah dilakukan penelitian di MI Nasruddin Dampit adalah (1) Implementasi media blog di MI Nasruddin Dampit bisa dikatakan sudah cukup efektif digunakan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa guru di MA Kanjeng Sepuh yang sudah menggunakan media blog sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Karena dengan menggunakan media blog, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih mudah, efektif, dan juga efisien. (2) Tingkat kreativitas pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di MI Nasruddin Dampit sudah cukup bagus. Hal ini bisa dilihat dari cara guru bisa membuat media yang baru untuk proses pembelajaran dan juga menyenangkan bagi siswa serta dapat memotivasi para siswa untuk giat belajar dengan menggunakan media blog. (3) Implementasi media blog dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di MI Nasruddin Dampit sudah dilaksanakan dengan baik. Hal itu bisa dilihat bahwa proses kreativitas dapat ditingkatkan dengan menggunakan media blog. Salah satunya adalah dengan media blog, guru dapat menambah wawasan dan juga pengetahuannya. Selain itu, dengan menggunakan media blog, guru juga dapat menciptakan suasana kelas yang baru dalam kegiatan belajar mengajar.